Posted on

Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner

Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner

Pada pembahasan saya sebelumnya telah di jelaskan mengenai Cara Membuat Artikel Yang Tepat Untuk SEO, salah satu nya adalah melakukan analisis keyword yang bisa di gunakan dengan melakukan Riset Keyword. Sesuai dengan namanya, Keyword adalah sebuah kata bukan kalimat. Karena sebagian besar pengguna internet jika mencari sebuah informasi maka mereka akan mengetikan atau memasukkan satu atau dua kata bukan dengan mengetikkan satu kalimat panjang.

Berikut cara meriset keyword dengan menggunakan google keyword planner, yaitu :

1. Login pada Google Adwords

Untuk masuk ke google adword silahkan klik https://adwords.google.com/. Untuk loginnya dengan menggunakan akun Gmail kalian, tapi jika belum mempunyai akun Gmail maka buatlah dulu akun Gmailnya. Silahkan klik Daftar Akun Gmail.

Setelah berhasil Login, maka kalian akan diminta untuk menyesuaikan data, jika sudah klik save. Lalu masuk ke menu tools => keyword planner

Keyword Planner
Google Keyword Planner

3. Halaman Result

Halaman result adalah dimana hasil dari pencarian dari keyword planner akan di jabarkan pada halaman ini. Di sini kita juga bisa melihat beberapa data penting seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords.

Contoh hasil dari keyword planner “kursus website

Result KP
Jika ingin mendowload semua ide kata kunci, silahkan klik link “Download” yang ada di sana dan menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV.

Cara Riset Keyword ini bukanlah jaminan bahwa website/ blog kalian akan mendapat posisi yang baik di SERP Google, tetapi ini adalah langkah terbaik dibandingkan jika kalian membuang-buang waktu untuk memilih keywords yang jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google.

Sekian dari saya dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *