Posted on

SEO Starter Guide 2018: Apa Saja Poin Utamanya?

Bagi anda yang sudah akrab dengan internet, mungkin anda tidak asing lagi dengan  istilah Search Engine Optimization. Di tahun 2018 ini, Google telah memperbarui panduan SEO. Anda perlu tahu bahwa panduan ini hingga sekarang telah diperbarui sebanyak tiga kali. Untuk memahami panduan terbaru, anda harus membaca panduan sebelumnya. Ada beberapa perubahan mencolok yang dilakukan Google pada panduan tahun ini.

SEO Mobile Device

Hasil pencarian dari mobile device akan menjadi dominan dan terbukti pada panduan terbaru ini, Google menyarankan bahwa website anda harus dapat diakses dari semua perangkat. Hal ini berbeda dengan panduan sebelumnya yang menyarankan pengguna untuk mempunyai website terpisah yang khusus untuk versi mobile. Ada banyak pengguna yang mempunyai perangkat dengan berbagai tampilan sehingga website harus kompatibel dengan semua jenis perangkat tersebut. Jika website anda belum mempunyai fitur yang responsive, maka anda dapat menggunakan layanan yang menyediakan website terbaru dan profesional.

Gunakan Jasa SEO Expert

Poin lainnya adalah Google menyarankan pengguna untuk merekrut ahli SEO yang dapat meningkatkan  performa SEO. Anda harus siap menghadapi perkembangan SEO yang mulai maju dengan beragam metrik dan tool. Cara terbaik adalah memastikan bahwa SEO pada website anda optimal dan berada pada jalur yang tepat.

Mencantumkan Backlink

Google juga memperingatkan pemilik web untuk berhati-hati saat memberikan link atau tautan ke website lainnya karena ini akan mempengaruhi reputasi dari website anda. Jika anda memberikan link ke halaman web yang tidak berkualitas, maka reputasi website anda bisa rusak dalam sekejap. Untungnya, ada solusi untuk masalah ini. Anda bisa menggunakan “nofollow” untuk link tersebut sehingga pengguna akan mendapatkan pilihan.  Jika anda menggunakan WordPress, maka tag “nofollow” akan muncul secara otomatis sehingga anda tidak perlu bingung dengan pengaturan tersebut.

Itulah beberapa persyaratan baru yang dituliskan Google dalam panduan SEO. Sebaiknya anda mempelajari poin-poin tersebut agar website anda bisa bersaing dengan website lainnya dan bertahan menjadi website yang sesuai dengan panduan SEO terbaru dari Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *