Posted on

SEO Vs Konten

SEO Vs Konten

Disini saya akan memberikan informasi mengenai manakah yang lebih penting antara SEO dan Konten dari sebuah artikel website.

SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah website agar berada pada posisi teratas pada mesin pencari google, sedangkan Konten adalah isi dari sebuah website tsb. Bagi para Pebisnis Online, SEO adalah pokok penting, Kira-kira ± 60% dari bisnis Anda. Tanpa SEO trafik tak akan banyak, trafik tak banyak tentu nantinya penjualan sedikit pula. Kunci dari bisnis online itu adalah trafik, trafik tersebut kita dapatkan salah satunya dengan SEO.

Sedangkan fungsi Konten atau Artikel yaitu bagaimana cara kita membuat pengunjung merasa betah berada  di website kita. Walaupun Web anda sudah berada di urutan pertama tetapi isi dari artikel tsb tidak menarik, maka hanya akan menambah nilai Bounce Rate nya. Sangat disayangkan bila halaman Anda masuk ke page rank pertama namun mendapatkan Bounce Rate tinggi. Pasti ada yang salah, dan cobalah untuk berusaha mengetahui kesalahan yang Anda buat seperti memperbaiki konten, memperbaiki desain halaman atau menambah deskripsi produk bila situs Anda adalah toko online.

Dalam membuat Artikel pun harus memiliki alur dalam mejalankan SEO, atau disebut juga dengan atikel yang SEO friendly. Caranya yaitu dengan menyematkan kata kunci pada judul, memiliki meta tag atau meta deskripsi dan pembuatan artikel yang relevan dengan judul, original, serta artikel yang memiliki cukup kata. Setidaknya para blogger dan ahli SEO menyatakan bahwa jumlah kata yang ideal adalah sekitar 500-700 kata. Walaupun ada artikel yang singkat sekitar 200-400 kata, namun pastikan Anda tetap memperhatikan elemen-elemen untuk tujuan SEO. Sebagai contoh yang paling penting adalah tetap menggunakan heading <h2>  maupun subheading <h3> di dalam artikel.

Penggunaan kata kunci dalam sebuah artikel sangat mendukung dalam menjalankan SEO, Meski pun artikel Anda pendek hanya 200-400 kata, namun tetap usahakan menempatkan kata kunci atau keyword dengan jumlah yang ideal (± 2%). Misalnya sebuah artikel memiliki 300 kata, maka jumlah kata kunci yang disematkan sekitar 3-4 kata kunci. Karena Terlalu sedikit dianggap kurang untuk mendongkrak SEO, namun terlalu banyak juga akan kurang nyaman dibaca sehingga tidak memenuhi syarat SEO friendly.

Jadi antara SEO dan Konten disini adalah saling mendukung dalam meningkatkan Trafik pada Website Anda, tanpa adanya SEO maka Website anda akan sulit di temukan oleh google. Sedangkan tanpa Artikel yang menarik maka akan menurunkan trafik website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *