Posted on

Sulitkah Mempertahankan Blog Agar Tetap Ada di SERP?

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Standar SEO

Sulitkah Mempertahankan Blog Agar Tetap Ada di SERP? – Berada di halaman pertama Google tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik blog. Kenapa? Itu artinya akan semakin banyak traffic pengunjung yang datang ke website/blog mereka. Tidak hanya untuk mengunjungi artikelnya saja, kemungkinan besar pembaca akan menggali lebih dalam tentang website/blog yang sedang ia buka.Kasus yang sering terjadi di kalangan blogger adalah menurunnya rank di SERP. Nah sebenarnya sulit nggak sih membuat blog kita bertahan di halaman pertama? Gimana caranya biar nggak turun peringkat? Oke, jadi sebenarnya blog bisa bertahan di halaman pertama dengan jangka waktu yang lama, jika kamu bisa membuat Google menyukai blog tersebut. Caranya agar tidak turun pertingkat adalah mempertahankan isi konten dan memberikan manfaat ke pembaca.

Dengan cara meng-index artikel di Google, kamu sudah bisa memulai untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan blog kamu tetap bertahan di halaman pertama SERP. Apa saja kegiatannya? Ini dia :

1. Artikel Berkualitas
Artikel yang berkualitas itu tidak hanya dari sisi manfaatnya, tetapi dari sisi tulisan yang original tanpa melakukan copy+paste dari artikel orang lain. Berikan artikel atau bahan bacaan yang hanya booming sesaat. Contoh : “Mahasiswa yang Membunuh Dosen”. Artikel itu mungkin akan turun posisi dengan artikel lain yang lebih ter-update. Nah, coba kamu berikan artikel yang nggak cuma “heboh” hari ini aja. Bisa juga kamu buat artikel yang banyak dicari orang.

2. Backlink Berkualitas
Sebenarnya, teman baik dari seorang blog adalah backlink. Banyak blog yang menurun dari SERP karena kurang asupan dari backlink. Jadi seberapa pentingkah backlink itu? Jelas sangat penting untuk kelangsungan hidup blog kamu. Backlink berkualitas itu adalah backlink yang diberikan dari website/blog yang memang sudah terkenal bagusnya di kalangan Google. Dan kamu bisa mulai “meracuni” mereka dengan link ke website kamu ataupun sebaliknya.

3. Melakukan Update Artikel
Google hadir untuk membantu para manusia menemukan informasi yang informatif dan tentunya aktual. Kamu tidak “meluluk” harus ganti topik artikel tiap hari ya. Dengan melakukan update di artikel lama pun itu bisa menjadikan website/blog kamu bertahan di halaman pertama. Dengan lebih dari 1500 kata per-posting itu akan membuat Google menyukai karya kamu. Artikel yang baik menurut Google adalah artikel yang memiliki banyak warna pada kalimat namun tidak mengulang kalimat sebelumnya.

Semoga bermanfaat ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *