Posted on

Syarat untuk Membuat Domain .id

Syarat Untuk Membuat Domain id

Syarat Untuk Membuat Domain .id – Memilih nama domain yang tepat sangat berpengaruh untuk situs yang akan kita jalankan, walau sebenarnya semua nama domain adalah baik tetapi akan lebih tepat lagi jika kita sudah mengetahui akan kelebihan dari domain yang akan di gunakan.

Menggunakan nama domain .id belakangan ini akan sangat di fokuskan oleh pemerintah, selain karena domain .id ini adalah milik Indonesia juga ada kelebihan menggunakan domain .id lainnya yang akan sangat menguntungkan bagi para blogger.

Syarat untuk membuta domain .id tak semudah seperti membuat domain-domain lainnya seperti domain .com, .xyz atau lainnya. Berikut adalah syarat untuk membuat domain.id :

1. Nama domain harus sesuai dengan kriteria penamaan

2. Membutuhkan dokumen pribadi khusus, seperti KTP atau SIM

3. Nama Domain harus menghormati dan tidak bertentangan dengan HaKI, IPR, Hak Paten/Merk

4. Untuk perusahaan wajib melampirkan SIUP atau sertifikasi merek dan dokumen tambahan lainnya seperti akta pendirian, NPWP badan usaha dll.

5. Batas mas domain terbatas yaitu maksimal 2 tahun, berbeda dengan domain .com misalnya dapat didaftarkan untuk masa 10 tahun kedepan.

6. Aktivasi sekitar 2-4 hari dikarenakan proses pendaftarannya melalui beberapa tahapan yang harus mendapat persetujui oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia)

7. Harga lebih mahal dan bisa mencapai 4 kali lipat dari domain .com

8. Jika dianggap perlu maka PANDI dapat meminta klarifikasi berupa Surat Pernyataan/Keterangan/Penjelasan, vide Pasal 23 ayat (2) UU no. 11/2008 tentang ITE.

Beberapa syarat untuk membuat domain .id terlihat sulit dan berat tetapi inilah salah satu cara untuk menunjukan kecintaan kita terhadap negara tercinta Indonesia. Semoga dapat membantu teman-teman yang akan membuat domain .id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *