Posted on

Tips Mengawali Tulisan Pembuka Artikel

Tips Mengawali Tulisan Pembuka Artikel

Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu Tips Mengawali Tulisan Pembuka Artikel.

Dalam membuat artikel kita perlu mengawali sebuah kalimat pembuka. Alasannya, selain untuk basa-basi, kita juga bisa menjelaskan apa yang sedang kita bahas pada artikel kita tersebut. Jika kalimat awalnya saja sudah bagus, maka tulisan berikutnya akan saling terkait dan sesuai dengan tema yang sedang kita bahas. Agar tulisan awal kita tidak datar atau monoton dan bisa menarik minat pembaca, berikut ini Tips Mengawali Tulisan Pembuka Artikel.

Tentukan Tema

Kita tidak akan pernah tau apa yang akan kita tulis kalau tema belum kita tentukan. Sama saja seperti kita akan membuat kue, tetapi kita tidak tau kue apa yang kita akan buat, yang penting judulnya kue. Untuk itu menentukan sebuah tema sebelum memulai tulisan itu lebih baik agar kita tau tujuan dibuatnya artikel ini untuk siapa dan bahasanya seperti apa.

Basa-basi

Kita tidak tau kalimat pembuka apa yang akan kita tuliskan, tetapi kita sudah mempunyai tema yang akan kita terapkan dalam sebuah artikel tersebut. Dengan begitu kita tulisankan saja apa yang kita pikirkan tersebut untuk menjadi kalimat pembuka. Misalnya “Saya tidak tau harus memulai dengan kalimat apa yang pasti saya akan membahas tentang blablabla …” atau bisa juga ikuti kalimat basa-basi seperti tulisan pembuka pada artikel saya ini “Hallo kawan-kawan, kali ini saya akan membahas blablabla …”.

Jangan berpikir bahwa awal tulisan harus ideal, karena tulisan kita akan direvisi setelah semua yang telah kita tulis selesai. Jadi, jangan khawatir jika awalnya tampak tidak bagus, karena nanti juga akan kita koreksi lagi.

Tulis Kata-kata Mutiara

Biasanya tulisan kalimat pembuka dengan kata-kata mutiara ini, jika temanya tentang motivasi, cerita, dialog, berita, dll. Kita bisa menggunakan awal tulisan dengan kata pepatah, pantun, kata-kata bijak atau dari ayat kitab suci dan hadits (bisa menjadi pertimbangan). Misalnya dalam tulisan keagamaan kita bisa gunakan ayat atau hadits yang relevan dengan tulisan kita, misalnya “Allah ta’ala berfirman …” atau “Rasulullah bersabda …”.

Tulis Kalimat Pancingan

Kita tidak perlu berpikir keras untuk hanya membuat kalimat pembuka. Tulis saja kalimat pancingan, misalnya seperti “Seperti yang kita ketahui, kita tidak boleh melakukan hal seperti ini, maka kita harus begini. Oleh karena itu, blablabla …”.

Itulah sedikit informasi mengenai Tips Mengawali Tulisan Pembuka Artikel. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *