Posted on

Tips Untuk yang Baru Membuat Blog dan Ingin Belajar SEO

Untuk para blogger pemula yang ingin belajar SEO perlu diketahui bahwa blog bukan hanya sekedar menulis artikel tapi juga menjadikan artikel tersebut dibaca oleh banyak pengunjung blog kita. Tapi masalahnya apabila blog kita tidak ditemukan pada halaman 1 google maka kemungkinan kecil artikel yang ada di blog kita akan dibaca pengunjung. Maka dari itu sebagai blogger kita harus bisa menjadikan blog ada di halaman 1 google dengan teknik SEO. Berikut ini tips untuk yang baru membuat blog dan ingin belajar SEO.

Masih banyak para blogger pemula yang tidak tahu caranya untuk menaikkan traffic blognya supaya ada di halaman 1 google. Biasanya yang dilakukan pertama kali adalah ketika blog sudah selesai dibuat dan artikel sudah diterbitkan tidak melakukan apa-apa lagi selain terus meneris menerbitkan artikel. Padahal cara seperti itu tidak menjamin mendapatkan pengunjung yang banyak.

Untuk blogger pemula bisa ikuti langkah di bawah ini :

1. Membuat Blog

Sudah pasti yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan blognya. Apa yang mau dinaikkan trafficnya kalau tidak punya blog?

2. Membuat Akun Google Webmaster Tool

Jika sudah mempunyai blog atau baru saja membuat blog, Anda harus membuat akun Google Webmaster Tool dan mendaftarkan link atau alamat blog Anda. Dengan menggunakan Google Webmaster Tool maka blog kita akan mudah dimonitor oleh Google apabila ada error atau kesalahan pada blog kita sehingga bisa kita perbaiki secepatnya. Selain itu juga kita bisa menggunakan Google Webmaster Tool untuk melakukan SEO tingkat lanjut untuk blog kita.

3. Submit Alamat Blog ke Mesin Pencari Google

Selanjutnya adalah mensubmit alamat blog atau link atau url, tujuannya supaya blog kita dikenali oleh mesin pencari Google. Cara melakukannya sebagai berikut:

Klik link https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
Maka akan muncul

Tips Untuk yang Baru Membuat Blog dan Ingin Belajar SEO

Masukkan alamat url blog Anda ke kotak yang sudah disediakan lalu masukkan kode captcha, jika sudah maka lanjutkan dengan tekan tombol Submit Request.
Apakah alamat blog Anda sudah terdaftar di Google? Bisa Anda cek dengan mengetikkan alamat blog Anda pada mesin pencari Google. Jika blog Anda muncul di halaman pencarian Google maka Google berhasil mengenail blog Anda.

4. Submit Sitemap Blog dengan Google Webmaster Tool

Sitemap adalah peta situs yang menjelaskan isi blog Anda. Sitemap berfungsi untuk mempermudah Google dalam menelusuri kembali isi blog Anda. Cara submit sitemap ke Google Webmaster Tool sebagai berikut :

Masuk ke akun Google Webmaster Tool lalu pilih dan klik blog pada daftar. Selanjutnya pilih menu Crawl dan pilih submenu Sitemaps lalu tekan tombol Add atau Test Sitemap dan tulis sitemap.xml pada kotak isian yang tersedia. Dan terakhir tekan Submit Sitemap.

Itulah tips untuk yang baru membuat blog dan ingin belajar SEO. Itu persiapan untuk langkah awalnya dulu, silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *