Posted on

Tool Untuk Riset Kata Kunci Terbaik Di Tahun 2018

Salah satu elemen penting dalam optimasi situs online  adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat pada konten Anda. Menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan bisa meningkatkan jumlah pengunjung organik yang masuk ke dalam situs Anda sehingga nilai konversi pun bisa naik sesuai dengan target pemasaran yang bisnis Anda miliki. Oleh karena itu diperlukan keyword research yang komprehensif untuk melihat seberapa kuat kata kunci yang menjadi niche Anda, bagaimana persaingannya, kata kunci dan long tail seperti apa yang tepat untuk konten Anda, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tool untuk keyword research yang bisa Anda gunakan untuk SEO yang lebih maksimal.

1.     Ahrefs Keyword Explorer

Dengan database yang selalu diperbarui setiap bulan, Anda bisa mendapatkan daftar ribuan kata kunci yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada konten Anda. Ahrefs juga punya sistem penyaringan yang menggunakan metrik yang tidak ada di tool  lain misalnya seperti jumlah klik, jumlah klik per pencarian, dan juga return rate dari kata kuncinya. Secara keseluruhan, Ahrefs bisa memberikan data yang akurat untuk kepentingan riset kata kunci Anda tidak hanya untuk kata kunci yang ditargetkan namun juga kata kunci yang lainnya.

2.     Answer The Public

Aplikasi berbasis web ini cocok untuk digunakan bagi yang cari gratisan dan belum begitu mahir menggunakan tool dengan analisa yang kompleks. Anda cukup masuk ke halaman situsnya kemudian mengisi kolom yang tersedia dengan kata kunci atau niche yang jadi fokus konten Anda, dan pilih negaranya. Kemudian akan muncul berbagai macam rekomendasi konten yang bisa Anda kerjakan  yang bisa diunduh hasil rekomendasinya atau langsung dilihat dengan menggulung halamannya ke bawah. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak adanya analisa tingkat kesulitan kata kunci.

3.     Serpstat

Serpstat tidak hanya bagus untuk digunakan riset kata kunci namun ia juga bisa jadi tool  untuk SEO yang komplit dalam satu tempat. Dengan biaya investasi yang terjangkau Anda bisa melakukan riset yang komprehensif mengenai kata kunci yang Anda targetkan termasuk menilai seberapa sulitnya target kata kunci Anda untuk masuk ke halaman depan di Google. Aplikasi ini juga bisa memberikan hasil analisa mengenai pesaing yang menggunakan target kata kunci Anda atau yang serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *