Posted on

Trik Sederhana SEO Untuk Budget Yang Rendah

Hampir semua bisnis yang aktif secara online menerapkan SEO untuk berebut peringkat di halaman pencarian Google. Namun masih ada juga sebagian perusahaan yang tidak begitu memprioritaskan SEO karena alasan tidak ada budget untuk itu. Ya, memang untuk menerapkan trik-trik SEO yang jitu dibutuhkan dana investasi yang cukup besar karena SEO mencakup banyak hal dan banyak riset. Belum lagi jika Anda memutuskan untuk menyerahkan SEO kepada pihak eksternal yang tentu membutuhkan biaya tidak sedikit. Bagi yang budget-nya lebih ketat, Anda bisa fokus pada hal-hal berikut ini.

Maksimalkan Google My Business

Bagi Anda yang punya toko fisik, atau memiliki usaha dengan skala yang masih kecil, ada baiknya untuk fokus pada ruang lingkup pasar yang lokal ketimbang menyasar pasar yang lebih luas. Untuk itu permainan SEO pun bisa dikecilkan skalanya menjadi skala lokal yang bisa dibantu dengan memanfaatkan halaman Google My Business. Pastikan Anda punya akses untuk melakukan edit pada listing bisnis Anda, kemudian isi kolom-kolom informasi yang belum lengkap dengan info yang spesifik dan sedeskriptif mungkin, jangan lupa untuk menyertakan kata kunci bisnis Anda. Google My Business akan membantu meningkatkan visibilitas situs Anda pada ruang lingkup pencarian lokal.

Fokus pada long-tail keywords

Long-tail keywords adalah kata kunci yang berupa frasa dan lebih spesifik dibandingkan dengan kata kunci yang lebih umum. Misalnya kata kunci usaha Anda adalah “pakaian bayi”, dibuat lebih spesifik menjadi long-tail keywords menjadi “toko pakaian bayi di Bogor”. Orang yang mengetikkan kata kunci frasa tersebut memiliki potensi yang lebih tinggi untuk tertarik dengan usaha Anda dibandingkan orang yang hanya mengetik “pakaian bayi” karena belum tentu ia tinggal di Bogor. Menargetkan fokus pada long-tail keywords juga lebih hemat dananya karena persaingannya tidak seketat kata kunci utamanya.

Tempatkan kata kunci pada tempat yang tepat

Untuk menarik perhatian Google menempatkan situs Anda pada posisi visibilitas yang baik, tempatkan long-tail keywords Anda pada judul, pada URL, dan juga pada isi konten. Namun jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci tersebut sehingga terlihat berlebihan, setidaknya letakkan pada bagian paragraf pertama dan pada bagian sub-bab atau headers. Cara ini cukup sederhana untuk trik SEO situs usaha Anda tanpa perlu banyak dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *