Judul artikel sangat penting untuk sebuah artikel, karna yang pertama pembaca lihat adalah judul sebelum memutuskan untuk mengklik, judul seperti identitas seseorang yang kita lihat dari luarnya saja tanpa melihat dalamnya. Meskipun pepatah mengatakan jangan menilai orang dari luarnya 🙂

artikel kriteria seo

Membuat judul artikel yang menarik memang terbilang gampang tetapi, sudahkah judul artikel Anda memenuhi kriteria SEO? karna percuma saja judulnya menarik tetapi tidak memenuhi kriteria SEO, judul yang asal-asalan  akan sangat sia-sia karna Anda akan kalah di SERP jika dibandingkan dengan kompetitor Anda yang menggunkan judul artikel berkriteria SEO.

Artikel Kriteria SEO

Berikut beberapa point penting yang wajib ada diartikel Anda.

artikel kriteria SEO

Meta Title

Meta title ini berfungsi untuk memberitahu sistem apa yang ingin Anda sampaikan, apa yang ada dimeta title ini harus sesuai dengan apa yang sedang Anda bahas atau sesuai dengan topik Anda, meta title yang baik terdiri dari 60 kata. Meta title ini akan muncul di SERP seperti gambar diatas.

Meta Description

Sama seperti meta title, meta ini juga berfungsi untuk memberitahu sistem tentang deskripsi secara singkat  apa yang ingin Anda sampaikan didalam artikel Anda, tapi jumlah karakternya lebih banyak yaitu 130, jika Anda tidak menulis meta descriptionnya makan google akan memilih otomatis, ini tidak disarankan.

Bagaimana cara memasukkan Meta Title dan Meta Description?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, namun cara yang termudah untuk pemula ialah dengan menggunakan Plugin Yoast. Plugin ini tersedia versi gratis dan berbayar, untuk versi gratis sudah cukup baik untuk mengoptimasi artikel sesuai dengan SEO.

baca juga: Begini Cara Mengetahui Artikel Blog Sudah Terindek Google Atau Belum

Diplugin Yoast Anda juga bisa melihat apa yang harus dioptimasi, karena itu Yoast sangat disarankan untuk membantu Anda mengoptimasi artikel.

Perlu diketahui juga jika Anda telah mengganti Meta Title dan Meta Description, maka tampilan di SERP dan website akan berbeda. Tetapi jika Anda tidak mengubahnya maka Google akan mengambil otomatis judul dan deskripsi sesuai yang relevan menurut Google.

Semoga artikel dapat membantu Anda untuk membuat artikel yang memenuhi kriteria SEO .