Bagi Anda para pebisnis online, Anda pasti tahu bahwa SEO sangat penting dalam membuat website. Peran SEO bisa menentukan sebuah konten dapat ditemukan mudah oleh user. Semakin setting SEO-nya bagus, semakin tinggi rangking Anda di Google search engine. Nah, jika ada di halaman utama, website Anda bisa dibanjiri pengunjung.

Tapi dalam penggunaanya, Anda harus menyesuaikan SEO dengan bisnis online yang Anda jalani. Bisnis online seperti YouTuber tentu tidak terpengaruh soal SEO. Namun disisi lain, banyak konten kreator yang menggantungkan diri pada SEO ini.

Untuk mengetahui bisnis online Apa saja yang wajib menggunakan dan memahami SEO, mari bersama – sama melihat berbagai usaha tersebut:

Pedagang Online

Sebagai pedagang, membuat banyak orang mudah mengunjungi toko Anda tentu sangat penting. Karena itu banyak pedagang mencari tempat strategis untuk membangun tokonya. Hal ini juga berlaku untuk pedagang online.

Toko dari pedagang online adalah websitenya. Untuk memudahkan para user mengetahui tentang toko ini, si pedagang harus menggunakan teknik SEO yang baik. Semakin baik SEO yang digunakan, makan kesempatan masuk ke halaman utama Google makin besar.

Jika sudah di halaman utama, semua user yang menulis kata kunci untuk mencari barang, akan langsung menemukan toko si penjual tersebut. Hasilnya, pengunjung semakin banyak dan potensi dagangan laku makin tinggi.

Penyedia Jasa

Sama halnya dengan pedagang, website yang menawarkan jasa service juga memanfaatkan SEO. Banyak pemberi jasa biasanya membuat SEO agar lebih spesifik untuk areanya. Jasa memang lebih sempit lingkupnya karena batasan jarak.

Contoh saja jasa bersih – bersih ataupun jasa kursus. Bentuk yang seperti ini biasanya menyesuaikan SEO untuk hanya menarget kata kunci lokal dalam daerah tertentu. Contoh jasa jasa kursus komputer di Jakarta, jasa service mobil area Yogyakarta dst.

Penulis

Konten yang paling banyak ditemukan dan sangat dipengaruhi SEO adalah tulisan berupa artikel dan berita. Jika Anda wartawan atau penulis, tentu Anda ingin konten Anda ditemukan. Banyak pembuat konten tulisan ini mendapatkan bayaran dari Google AdSense, jadi pendapatan mereka tergantung seberapa banyak pengunjung yang datang.

Jika tidak maksimal menggunakan SEO, website bisa jarang pengunjung dan penghasilan pun jadi kecil. Karena hal ini, Anda yang ingin menggeluti bisnis online sebagai penulis konten, wajib mempelajari soal SEO.

Blogger

Hampir sama dengan pembuat konten penulis, blogger juga mencari pengunjung yang banyak. Blogger biasanya juga membuat report, menceritakan soal pribadi, hobi, fotografi dan lain – lain, tapi tentu ingin menarik pengunjung yang banyak.

Selama konten yang ada di blog tersebut mengandung SEO yang baik, pengunjung akan mudah menemukannya. Nah, karena mudah ditemukan, pengunjung juga makin banyak.

Untuk mempelajari konten SEO yang berkualitas, mengapa tidak kursus di DUMET School saja? DUMET School adalah tempat kursus untuk segala sesuatu usaha yang berhubungan dengan internet. Hal seperti membuat website, menyusun bisnis online dan bahkan internet marketing bisa dipelajari di sini. Ayo segera bergabung agar lebih mahir dalam mengaplikasikan SEO!