Salah satu dari tips SEO dari kami kursus SEO Private online iyalah external dan internal linking, dengan mengoptimalkan tehknik linking SEO yang benar, dapat meningkatkan skor SEO website Anda. Jika masih pemula dalam dunia SEO, tentu istilah linking akan sedikit membingungkan, artikel kali ini akan membahas pengertian apa itu external internal linking, bagaimana cara membuat external dan internal linking di website.

External Linking

Pengertian external linking atau link keluar ialah, Anda memberikan/menautkan link ke website orang lain. Jadi link ini sengaja dibuat oleh pemilik website.

Cara membuatnya cukup blok text yang ingin dijadikan external link, lalu ikuti seperti gambar dibawah ini :

Tips-SEO,-Apa-itu-External,-Internal-Linking-dan-Bagaimana-Cara-Membuatnya

  1. blok teks yang akan diberikan link
  2. klik icon link
  3. klik icon gear untuk opsi lebih lanjut

apa itu external internal linking

  1. Masukkan URL tujuan, jika membuat external link maka masukan alamat situs orang lain. Jika internal link maka masukkan URL website Anda sendiri.
  2. Ceklist open link in new tab, jika memberikan tautan keluar, ini dimaksudkan supaya pengunjung tidak langsung meninggalkan web Anda.
  3. Klik Add Link

Memberikan link keluar sebaiknya tidak sembarangan, pastikan tautan tersebut menuju website yang relevan atau sesuai dengan yang lagi dibahas saat itu.

hal lain tips dari kursus SEO private online yang perlu diperhatikan ialah, selalu berikan external link ke website yang memiliki DA PA yang tinggi, cara ini bisa meningkatkan score SEO website Anda.

Internal Linking

Kebalikan dari external link, internal link ialah link yang dikaitkan didalam situs itu sendiri. Tujuan dari tautan ini ialah untuk memudahkan pembaca untuk berpindah ke artikel lainnya yang berhubungan.

Cara membuat internal linking, sama seperti membuat external linking. Hanya saja Anda memasukkan alamat URL website Anda sendiri bukan orang lain. Anda  bisa saja membuat tautan ke artikel yang Anda buat sebelumnya, selama artikel sebelumnya masih relevance.

Memiliki internal link diwebsite, tidak hanya memudahkan bagi pembaca. Teknik ini dapat membantu crawler Google untuk lebih mudah menjelajahi situs Anda.

Menerapkan tautan didalam website, bisa membuat pengunjung berlama-lama diwebsite Anda, dan tentunya persentase bounce rate akan turun. Cara ini akan memberikan signal baik untuk mesin pencari Google, sehingga dapat meningkatkan SEO score Anda.

Tips mengoptimalkan SEO dari kami kursus private SEO online dengan membuat internal dan external linking, hanya salah satu faktor dalam peringkat Google. Masih banyak faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan, untuk bisa menempati halaman pertama Google. Setelah mengetahui apa itu External Internal Linking.

Terus update atikel yang bermanfaat untuk pembaca, pastikan Anda tidak menduplikasi artikel orang lain secara “mentah” lakukan modifikasi dan tambahkan beberapa kalimat sesuai¬† pengetahuan Anda. Jangan lupa sertakan sumber artikel jika artikel yang Anda buat, hasil karya orang lain sebelumnya.