Backlink adalah link yang berada di halaman website lain yang jika diklik menuju ke website Anda, backlink juga dikenal dengan inbound link, kenali manfaat backlink sebagai faktor rangking website di SEO Google.

Banyak yang mengabaikan backlink karena berpatokan dengan content is the king, tetapi apa sudah pernah membuktikan bagaiaman power suatu backlink? buktikan sendiri dan lihat perubahan sebelum dan sesudah menggunakan inbound link.

Manfaat Membangun Backlink Berkualitas

manfaat backlink

Banyaknya backlink yang mengarah kewebsite Anda, adalah penentu jika situs Anda memang layak untuk dikunjungi, karena banyaknya inbound link berarti menunjukkan jika banyak yang merekomendasikan website Anda.

Tapi, tunggu dulu jangan langsung mencari ekternal link yang banyak. Anda mesti pertimbangkan backlink berkualitas.

Jangan asal ekternal link, perhatikan beberapa faktor link berkualitas berikut.

– Backlink Relevance

Bangun ekternal link dengan web yang relevance dengan situs Anda, misalkan Anda membahas tentang kesehatan, maka cari web yang membahas tentang kesehatan juga. Misalkan yang membahas tentang kebugaran, diet, tips sehat dan lainnya.

Kenapa harus relevance?kita asumsikan saja bisnis Anda adalah jasa SEO murah. Lalu seorang tukang soto yang sehari-harinya hanya menjual soto tanpa tau apa itu SEO bahkan internet. Memberitahu Anda jika kursus di DUMET School itu paling terbaik. Apa Anda akan percaya begitu saja?

– Buat Natural

Jangan membangun backlink secara terburu-buru bahkan terlihat memaksa mencari backlink sebanyak mungkin, cara ini akan mengirimkan signal buruk ke mister G, yang membahayakan website Anda sehingga tidak bisa memberikan manfaat backlink.

– Hindari Black-Hat

Mencari backlink yang banyak itu sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan sofware, yang bisa membuat ribuan outbound link dalam sehari. Tetapi cara ini adalah black hat. Rangking Anda memang akan lebih cepat naik tetapi bersiap-siaplah untuk hilang dipencarin karena menggunakan teknik black hat yang dilarang Google.

backlink black hat

Backlink memang sangat bermanfaat sebagai faktor rangking website, tetapi jangan menggunakan cara yang dilarang, cara yang instan memang cepat naik tetapi ingat Anda akan berhadapan dengan Google Sandbox.

Jika hal ini terjadi, Anda harus membuang bad link dengan cara delete atau disavow tool. Cara ini membutuhkan proses yang lama bisa mencapai 2-3 bulan.

Tidak hanya membangun backlink, ada  beberapa kesalahan SEO yang perlu juga Anda ketahui, supaya tidak salah langkah dalam optimasi.

WhatsApp chat