SEO adalah proses yang bisa memungkinkan konsumen untuk menemukan keberadaan brand atau produk Anda di internet. Ada banyak sekali aturan mengenai SEO yang wajib untuk diikuti oleh para pemasar online jika ingin memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari, dan aturan-aturan ini terus mengalami perubahan dan pembaharuan demi meningkatkan pengalaman pengguna internet dalam menjelajahi hasil pencarian. Meski begitu, prinsip-prinsip dasar SEO berikut ini masih tetap harus dipegang oleh para pelaku SEO. Untuk lebih jauh mengenai prinsip dasar SEO dan aturan SEO Anda bisa mendapatkan ilmunya lebih lengkap di tempat kursus SEO.

Gunakan kata kunci dengan strategis

Dulu konten dibuat dengan memasukkan sebanyak mungkin kata kunci ke dalam tulisan dengan harapan mesin pencari bisa mengindeks halaman konten tersebut relevan dengan kata kunci yang digunakan sehingga rangkingnya pun tinggi. Aturan ini sudah lama ditinggalkan oleh mesin pencari sehingga sekarang konten yang memasukkan terlalu banyak kata kunci dan membuat isi konten jadi tidak menarik untuk dibaca justru akan mendapatkan “hukuman” rangking yang buruk.

Kata kunci yang ramai tidak selamanya menguntungkan

Dalam SEO Anda juga akan melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci apa saja yang ramai diketikkan orang dalam mesin pencari ketika ingin mencari informasi tertentu. Menggunakan kata kunci yang ramai untuk dibuatkan konten sekilas memang menguntungkan karena ada lebih banyak orang yang mengetikkan kata kunci tersebut. Tapi Anda tidak sendirian, akan ada ribuan marketer lainnya yang juga menggunakan kata kunci tersebut sehingga persaingan untuk mendapatkan rangking yang tinggi pun makin besar.

Buat konten yang unik

Makin lama orang mengunjungi situs Anda makin tinggi pula sinyal yang diberikan ke mesin pencari untuk memberikan situs Anda poin yang lebih banyak untuk peringkat yang bagus. Untuk membuat pengunjung situs berlama-lama di situs Anda maka buatlah konten yang unik, yang berbeda dari konten yang sudah ada sebelumnya namun tetap informatif dan enak dibaca.

Perhatikan kecepatan akses situs

Kecepatan situs Anda akan sangat memengaruhi indeks mesin pencari, mesin pencari seperti Google fokus pada pengalaman pengguna yang sekarang makin lama makin tidak sabaran. Situs yang butuh waktu lama untuk loading maka akan langsung ditinggalkan oleh pengunjung. Oleh karena itu gunakan tools yang banyak tersedia untuk mengecek kecepatan situs Anda, dan segera perbaiki masalahnya jika terjadi perlambatan.