Banyak cara untuk mencari sumber backlink, yang digunakan untuk keperluan SEO yaitu link building, salah satunya yaitu dengan menganalisa backlink kompetitor dan mengikutinya. Meskipun tidak semua backlink dari kompetitor bisa Anda ikuti.

backlink kompetitor

Ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan, diartikel ini akan dibahas bagaimana cara melihat backlink kompetitor secara gratis dengan menggunkan MOZ.

Kekurangan dengan cara yang satu ini yaitu backlink yang akan Anda dapatkan sangat terbatas. Tidak seperti tool premium, cara ini masih bisa digunakan sampai diakhir tahun 2019.

Cara Melihat Backlink Kompetitor Gratis

Untuk caranya silahkan kunjungi moz.com jangan lupa daftar terlebih dahulu, setelah daftar kunjungi link ini https://moz.com/researchtools/ose/

backlink-kompetitor-gratis

Selanjutnya masukkan web kompetitor yang ingin Anda analisa untuk mencari sumber backlinknya, dan dibagian bawah Anda akan melihat All Links, silahkan klik dan tunggu beberapa detik akan muncul pop up yang bisa Anda klik dan otomatis mendownload file csv nya.

sumber-backlink-moz

Difile csv tersebut Anda akan melihat url website yang mengarah ke kompetitor Anda, serta anchor text yang digunakan.

Untuk caranya silahkan Anda lihat bagaimana jenis backlink tersebut dengan cara ikutan komentar, ikutan register, ikutan regist disocial bookmark,di forum, dan lainnya, yang perlu diingat adalah tetap utamakan backlink yang menurut Anda berkualitas.

Semoga informasi ini membantu Anda untuk mencari sumber backlink secara gratis 🙂